Sambut Mahasiswa Baru TA. 2021/2022, Faperta Undana Gelar Kegiatan PKKMB Secara Daring.

Meningkatnya kasus penderita Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya di Kota Kupang tidak menjadi suatu halangan bagi Fakultas Pertanian untuk melaksanakan beberapa kegiatan akademik, diantaranya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan PKKMB yang dilaksanakan secara daring via platform zoom pada Senin, (16/8/2021) ini dibuka oleh Dekan Faperta Undana Dr. Ir. Damianus Adar, M.Ec, sekaligus menerima mahasiswa baru secara resmi dan dilanjutkan dengan perkenalan pimpinan fakultas, program studi, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan faperta. Dekan dalam sambutannya kepada mahasiswa baru mengatakan, “kegiatan ini merupakan bagian dari perkenalan kepada mahasiswa agar lebih mengenal lingkungan akademik dalam proses adapatasi dengan lingkungan kampus, diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi sarana dalam penguatan dan peningkatan karakter sehingga mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan di waktu mendatang.

Kegiatan PKKMB yang dilaksanakan selama sehari (16/8/2021), diikuti oleh kurang lebih 511 mahasiswa baru, sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan beberapa anggota pengurus ormawa.

Kegiatan dimulai pukul 08.00–19.00 Wita, dengan rangkaian acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang berkaitan dengan pengenalan kehidupan kampus. Adapun materi tersebut antara lain: Pengenalan Sistem PT di Indonesia yang dibawakan oleh bapak Ir. Damianus Adar, M.Ec. Materi kedua tentang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dan Bela Negara disampaikan oleh ibu Ir. Lince Mukkun, MS., Ph.D (selaku wakil dekan bidang akademik & kemahasiswaan). Materi ketiga tentang Nilai Budaya, Etika, Tata Krama dan Norma Kehidupan Kampus oleh ibu Ir. Agnes V. Simamora, MCP., Ph.D (Ketua Prodi Agroteknologi). selanjutnya materi keempat tentang Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, Penyalahgunaan Narkoba, Plagiarisme, dan Anti Narkoba yang disampaikan oleh ibu Ir. Lika Bernadina, M.Sc (Ketua Prodi Agribisnis). Materi kelima berupa Pelayanan Mahasiswa (Pengisisan KRS, Fungsi Dosen Penasehat Akademik, Satgas, Kebun, dan lain-lain oleh ibu Maria M. Purnama, S.Hut., M.Sc (Ketua Prodi Kehutanan), dan penjelasan teknis mengenai pengisian KRS online yang disampaikan oleh Jandri Benhard Ndun (salah satu operator PDPT). Dan materi keenam sebagai yang terakhir dari kegiatan ini berupa Kegiatan Ormawa oleh BEM/BLM Faperta Undana yang disampaikan oleh sdr. Ruslan Lobo Wie (Sekretaris BEM Faperta). Salah satu kendala teknis yang dihadapi dalam kegiatan PKKMB via Zoom ini adalah masalah sinyal, ada beberapa peserta yang terkendala masalah sinyal saat kegiatan berlangsung, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan rasa antusiasme mahasiswa baru didalam mengikuti kegiatan tersebut karena adanya interaksi dua arah yang aktif antara mahasiswa baru dan pemateri ketika diberi kesempatan untuk bertanya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini walaupun ditengah pandemic Covid-19, diharapakan mahasiswa dan kampus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut dan terus berinovasi untuk membawa calon generasi penerus bangsa menjadi mahasiswa yang unggul dan berdaya saing pada era globalisasi. (jbn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *