Seminar Nasional Faperta

 

 

PELATIHAN PEMBUATAN BLOG DAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) UNTUK DOSEN FAPERTA UND

Pelatihan pembuatan Blog dan Sistem Informasi Akademik untuk Dosen Faperta Undana telah dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2014 bertempat di Pusat Komputer Undana yang diikuti oleh seluruh Dosen Faperta Undana dari 3 Jurusan yang ada di Faperta Undana.

 

PEMBAGIAN ALKITAB

Pembagian Alkitab Perjanjian Baru 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dari The Gideons Internasional kepada Dosen, Pegawai dan mahasiswa pada hari Jumad, tanggal 03 November 2014.

 

 

PELATIHAN TEKNIK PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH SERTA KURSUS BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA FAPERTA UND PENERIMA BEASISWA

Pelatihan Teknik Penelitian dan Penulisan Ilmiah serta Kursus Bahasa Inggris bagi mahasiswa Faperta Undana penerima Beasiswa telah dilaksanakan pada tanggal 27 September, 04, 11, 18 Oktober, 01, dan 04 November 2014.

Adapun jenis-jenis beasiswa yang diterima mahasiswa faperta yang mengikuti kegiatan ini adalah PPA, BBM, Bank Indonesia, BIDIKMISI, Pembebasan SPP, SUPERSEMAR, Toyota Astra, Karya Salemba Tahun 2012-2014 dan Mahasiswa Penerima Bantuan Penulisan Skripsi serta Mahasiswa Peserta SASMAWAPERTANDA Tahun 2014.

Pemateri pada kegiatan ini antara lain :

1. Ir. Lince Mukkun, MS.,Ph.D

2. Ir. Marthen R. Pelokilla, MP.,Ph.D

3. Prof. Dr. Ir. I Nyoman W. Mahayasa, MP

4. Ir. Maria Bano, MP

5. Ir. Serman Nikolaus, M.Sc

6. Wellem Turupadang, S.Pi.,M.Si

7. Ir. Ferlix Rebhung, M.Agr.Ph.D

8. Ir. I Wayan Mudita, M.Sc.,Ph.D

9. Ir. Charles Kapioru, MS

10. Ir. Welhelmus I. Mella, M.Sc.,Ph.D

 

 

HASIL PENELITIAN

ABSTRAK PENELITIAN WISUDAWAN / ALUMNI

FAPERTA UNDANA PERIODE SEPTEMBER 2014

 

Keterangan :

Nama Lengkap / NIM : Wolfgang Kia Boro / 0804012532

JenisKelamin : Laki-laki

Tempat / TanggalLahir : Lewopao, 30 Oktober 1988

Jurusan / Prodi / Minat : Buditan/ Agronomi

IPK : 3,06

No. Telp. / HP : 081236239288

Penelitian :

Judul : PengaruhDosisDesikan Abu SekamPadidan Lama Penyimpanan Terhadap Viabilitas dan Vigor Benih Jagung ( Zea mays L. )

Pembimbing : 1. Ir. EffyRoefaida, MS.

2. Ir. Yosefina R. Y. Gandut, MS

Abstrak

 

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Bakunase, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang dari bulan Mei 2013 sampai dengan bulan September 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis desikan abu sekam padi yang tepat pada penyimpanan benih jagung selama 30 hari, 60 hari, 90 hari dan 120 hari. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diteliti terdiri dari dua faktor dengan 4  ulangan. Faktor A adalah pemberian dosis desikan abu sekam padi yang terdiri dari lima level yaitu A1 = 0% desikan abu sekam padi/1 kg biji jagung (kontrol), A2 = 10% (100 g desikan abu sekam padi/1 kg biji jagung, A3 = 20% (200 g desikan abu sekam padi/1 kg biji jagung, A4 = 30% (300 g desikan abu sekam padi/1 kg biji jagung, A5 = 40% (400 g desikan abu sekam padi/1 kg biji jagung. Faktor B adalah lama penyimpanan yang terdiri dari 4 (empat) taraf yaitu B1 = lama simpan 30 hari, B2 = lama simpan 60 hari, B3 = lama simpan 90 hari dan B4 = lama simpan 120 hari. Variabel yang diamatai meliputi daya berkecambah, laju perkecambahan, kecepatan perkecambahan, keserempakan tumbuh, kadar air, suhu dan kelembaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova), kemudian dilanjutkan dengan Uji Duncant pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Interaksi antara pelakuan penggunaan desikan abu sekam padi dan lama penyimpanan tidak berpengaruh secara nyata pada daya berkecambah benih dan laju perkecambahan benih tetapi berpengaruh nyata pada kecepatan perkecambahan benih dan keserempakan tumbuh benih jagung.

AKREDITASI PS. AGROTEKNOLOGI OLEH TIM ASESOR BAN-PT

Tanggal 29 September - 1 Oktober 2014 Fakutas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) kedatangan Tim Asesor Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang beranggotakan :

1. Prof. Dr. Ir. Sabarudin Zakaria, M.Agr (UNSYIAH) dan

2. Prof. Dr. Ir. Jody Moenandir, Dipl.Agr.Sc (Univ. Brawijaya)

 

untuk melakukan akreditasi pada Program Studi Agroteknologi Faperta UNDANA.

Kedua Asesor pose bersama Dekan, Kepro.Agroteknologi dan Dosen Agroteknologi Faperta UNDANA

 

Pemeriksaan Dokumen Akreditasi oleh Tim Asesor

 

Tatap Muka Tim Asesor dengan Dosen Prog.Studi Agroteknologi

 

 

Tatap Muka Tim asesor dengan mahasiswa, Alumni dan Dosen

 

 

HASIL PENELITIAN

ABSTRAK PENELITIAN WISUDAWAN / ALUMNI

FAPERTA UNDANA PERIODE SEPTEMBER 2014

 

Keterangan :

Nama Lengkap / NIM : Handrianus D. R. Kaju / 0704042469

JenisKelamin : Laki-Laki

Tempat / TanggalLahir : Bajawa, 15 April 1989

Jurusan / Prodi / Minat : Budidaya Pertanian/ IHPT

IPK : 2,83

No. Telp. / HP : 082339342206

Penelitian :

Judul : Efektivitas Perangkap Senyawa Hypotan TerhadapPenggerek Buah Kopi (PBKo) Hypothenemus hampei (Coleoptera : Scolytidae) pada Tanaman Kopi di Kelurahan Faobata Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada

Pembimbing : 1.Titik Sri Harini, MP

2.YohanesUmbu Rebu SP, MSi

Abstrak

 

Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada dan berlangsung dari bulan Agustus 2013 sampai Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perangkap senyawa hypotan terhadap Penggerek Buah Kopi (PBKo) Hypothenemus hampei (Coleoptera : Scolytidae) pada tanaman kopi.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal yaitu jarak antar perangkap dengan 4 perlakuan yaitu perlakuan perangkap dengan jarak 10 m (J1), perangkap dengan jarak 15 m (J2), perangkap dengan jarak 20 m (J3), dan perangkap dengan jarak 25 m (J4) dan tiga ulangan. Gejala kerusakan dianalisis secara deskriptif dan dalam bentuk gambar (foto) sedangkan data serangga PBKo yang terperangkap dihitung dengan menggunakan metode linier.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perlakuan perangkap dengan jarak 10 m paling efektif dalam memerangkap PBKo dibandingkan dengan jarak perangkap 15 m, 20 m, dan 25 m. Pada perlakuan perangkap dengan jarak 10 m (J1) memerangkap PBKo dengan rerata lebih banyak yaitu 67,57 ekor, perangkap dengan jarak 15 m (J2) memerangkap PBKo dengan rerata yaitu 45,76 ekor, perangkap dengan jarak 20 m (J3) memerangkap PBKo dengan rerata yaitu 38,45 ekor dan perlakuan perangkap dengan jarak 25 m (J4) memerangkap PBKo dengan rerata lebih sedikit yaitu 23,38 ekor. Perbedaan agroklimat dalam penelitian ini tidak menunjukkan pengaruh terhadap jumlah PBKo yang terperangkap.

SEMINAR NASIONAL PERTANIAN 30 SEP' 2014

Dalam rangka memeriahkan HUT Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ke-32, tanggal 07 September 2014 yang lalu, melalui Panitia Pelaksana telah menggelar SEMINAR NASIONAL PERTANIAN yang dilaksanakan pada hari/tanggal, Selasa, 30 September 2014 bertempat di Gedung Bio Science lantai 2 Undana kupang.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter