Agroteknologi

 

Tuntutan untuk menghasilkan produk pertanian yang bermutu tinggi dan berdaya saing kompetitif senantiasa terus meningkat pada era lobalisasi.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut sangat diperlukan keahlian dalam bidang agroteknologi. Keahlian tersebut juga penting pada era otonomi daerah, karena setiap daerah akan memerlukan tenaga ahli guna peningkatan produktivitas pertanian di daerah masing-masing.

Visi PS Agroteknologi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi berkualitas dalam mengembangkan system pertanian berkelanjutan bercirikan pertanian lahan kering yang berwawasan global.

Dengan visi tersebut, PS Agroteknologi akan :

  • (1) Mempersiapkan ketersediaan tenaga ahli di bidang agroteknologi yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan stakeholders;
  • (2) Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang agroteknologi yang dikelola secara professional;
  • (3) Melaksanakan serta mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan pengembangan system pertanian berkelanjutan bercirikan pertanian lahan kering yang berwawasan global.


Mutu pelaksanaan panggilan itu tergantung pada paradosen yang berjumlah 44 orang, 754 mahasiswa, fasilitas laboratorium yang berjumlah Sembilan buah dan fasilitas pendukung lainnya yang sangat terkait. Dengan sumberdaya-sumberdaya tersebut, PS ini akan mampu mencapai mimpinya untuk berperan aktif dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat global.



LATAR BELAKANG

Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu program studi yang pertama ada di Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana. Para peserta didik pada program studi ini akan dipersiapkan menjadi ahli dan terampil dalam melaksanakan mengelola bidang pertanian khususnya dalam melaksanakan kegiatan budidaya tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan NTT yang berlahan kering dengan intensitas curah hujan yang relatif rendah.

Program Studi Agroteknologi ini sangat berkompeten dalam penyelengaraan perkuliahan yang tentunya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tuntutan untuk menghasilkan produk pertanian yang bermutu tinggi dan berdaya saing global senantiasa terus meningkat pada era globalisasi. Untuk memenuhi tuntutan tersebut sangat diperlukan keahlian dalam bidang agronomi.

Keahlian tersebut juga penting pada era otonomi daerah, karena setiap daerah akan memerlukan tenaga ahli guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah masing-masing. Dalam bidang agronomi mahasiswa akan mempelajari cara pengelolaan tanaman pertanian dan lingkungannya dalam upaya pencapaian produksi maksimum baik dari aspek kuantitas maupun kualitas.



TUJUAN

  1. Memahami ilmu dan teknologi sehingga mampu mengelola dan melestarikan sumberdaya alami dan hayati yang menjadi dasar unsur lingkungan pertanian agar diperoleh hasil yang maksimum.
  2. Pengembangan ilmu dan teknologi untuk memperbaiki kualitas benih dan perbaikan varietas tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura.


SPESIFIKASI LULUSAN
Lulusan Program Studi Agroteknologi bergelar Sarjana Pertanian (SP).



BEBAN SKS DAN LAMA STUDI
Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 148 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.



PERSYARATAN

  1. Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau sekolah-sekolah sederajat.
  2. Lulus ujian saringan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPT).

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter