HASIL PENELITIAN

ABSTRAK PENELITIAN WISUDAWAN / ALUMNI

FAPERTA UNDANA PERIODE SEPTEMBER 2014

 

Keterangan

Nama Lengkap / NIM : Handy Tomasoei/0904061748

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Tempat / TanggalLahir : Kupang, 23 September 1991

Jurusan / Prodi / Minat : Agroteknologi / THP

IPK : 3,04

No. Telp. / HP : 0852 5311 6678

Penelitian :

Judul : Sifat Fisiko-Kimia dan Organoleptik Cake Hasil Substitusi Tepung Terigu dengan Tepung Suweg.

Pembimbing : 1. Ir. J. E. R. Markus, M.App, Sc

2.Yuliana Tandi Rubak, STP, MP

Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan di laboratorium  Teknologi Benih dan laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, Kupang, yang berlangsung dari bulan September sampai Desember 2013 bertujuan  untuk mengetahui adanya pengaruh substitusi tepung terigu dengan tepung Suweg terhadap sifat fisiko-kimia dan  oganoleptik cake. Penelitian ini  menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu substitusi tepung Suweg terhadap tepung terigu : 0%, 10%, 20%, 30% dan 40%. Parameter yang dianalisa  adalah proximat, keempukan, porositas, tingkat pengembangan, uji organleptik warna, rasa, aroma, dan tekstur. Data organoleptik diperoleh dari 20 panelis dan selanjutnya dianalisa dengan uji Friedman, sedangkan untuk uji Anova jika ada pengaruh nyata maka dilakukan uji lanjutan dengan menggunakan DMRT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi tepung suweg memberikan pengaruh berbeda yang sangat nyata terhadap kadar air, lemak, kadar abu, protein,karbohidrat dan keempukan cake.  Berdasarkan hasil uji organoleptik, cake dengan substitusi tepung suweg terhadap warna, aroma dan rasa menunjukan berbeda nyata, panelis menyukai cake subtitusi suweg 40%, sedangkan tekstur, panelis masih menyukai hingga substitusi 40% tepung suweg, penilaian terhadap tekstur dengan skor tertinggi pada perlakuan substitusi 10% tepung suweg. Uji organoleptik dan hasil uji Friedman dapat disimpulkan bahwa cake perlakuan yang mendapat respon positif dari panelis adalah cake dengan perlakuan 40% tepung suweg dengan total ranking untuk warna sebesar 66, aroma memiliki total ranking sebesar 68, dan untuk rasa dengan total ranking sebesar 74. Demikian juga rerata skor penerimaan panelis terhadap cake substitusi berkisar antara 3,1-3,4 dan didapat cake terpilih yaitu dengan perlakuan 40% substitusi tepung suweg.

Add comment

Komentar anda sangat penting, oleh karena itu periksa komentar dengan seksama sebelum mengirimkan. Pertahankan toleransi antar suku, ras dan agama.


Security code
Refresh


bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter