Lab. Teknologi Hasil Pertanian

E-mail Print PDF

 

Berikut ini adalah profil Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian


Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian merupakan Laboratorium baru di Fakultas Pertanian. Letakna berada di Lanti I Gedung baru Laboratotium Fakutas Pertanian. Ruangan dilengkapi dengan 4 bauh alat pendingin, meja kerja dan laci laci berukuran besar sebagai tempat penyimanan peralatan. Ruang ini juga dilengkapi ruang penyimpanan bahan.

Laboratorium ini memiliki kepala Laboratorium ynag mempunyai tugas utam memimpin, mengembangkan dan menyelenggarakan seluruh aktivitas laboratorium. Laboratorium ini belum memiliki laboran sehingga seluruh kegiatan yang ad di laborstorium dibawah kendali kepala laboratorium.

Pelayanan utama yang diselenggarakan di laboratorium ini adalah melayani praktikum mahasiswa khususnya praktikum mahasiswa di minat Teknologi Hasil Pertanian. Beberapa praktikum matakuliah Teknologi Pengolhan hasil Petanian, engemasn dan penyimpanan dananalisis sensoris, fisiologi pascapanen, teknologi pascapanen dan pengolahan hasil pertanian. Laboratorium ini juga sudah melayani beberapa penelitian dosen dan mahasiswa, khususnya mahasiswa minat teknologi Hasil Pertanian, dan juga daapt melayani penelitian mahasiswa lainnya dari luar program studi Agrotknologi jika topik penelitian berkaitandengan aspek pengolahan pangan.

Dengan peralatan yang dimiliki berbagai produk intermediate dan produk pangan dapat dibuat di laboratorium ini antara lain: sari buah, sirup,saos, kecap, kripik, abon, jam , selai, mie, pasta, cookies, cake dan lainnya. Pelayanan laboratorium ini memang masih terbatas pada aspek pengolahan pangan saja, aspek analisis kimia dan fisik produk pangan belum dapat dilayani karena keterbatasan perlatan yang dimiliki. Berikut ini adalah daftar tabel peralatan yang ada di laboratorium teknologi hasil pertanian dan kegiatan yang sudah dilakukan di Lab ini. Selain didukung oleh peralatan yang ada, Lab ini didukung oleh 5 orang ahli yaitu :

 

  1. Prof. Ir.Herianus D.J. Lalel, MSi, PhD
  2. Ir, Lince Mukkun, MSi, PhD
  3. Ir. Jenny E R Markus, MAppSc
  4. Ir. Zainal Abidin, MP
  5. Yuliana tandi Rubak, STP, MP (sedang lanjut S3)

Laboratorium ini juga meyelenggarakan pengujian produk industry rumah tangga seperti pengujian daya terima konsumen dan penentuan masa berlaku produk, analisis kelayakan usaha serta melakukan jasa konsultasi keamanan pangan.

Dokumentasi kegiatan yang belangsung di Laboratorium Tekologi Hasil Pertanian disajikan dalam beberapa gambar seperti gambar rapat koodinasi bersama Tim OKKPDP Propinsi NTT, kegiatan PPM dosen , perkuliahan dan kegiatan kegiatan lainnya.

 


 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter