Lab. Penyuluhan

E-mail Print PDF

Laboratorium Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, yang dimiliki oleh Jurusan/Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana. Laboratorium ini diketuai oleh seorang Kepala Laboratorium dan didukung oleh 1 orang tenaga ahli yang berpendidikan S3, dan beberapa orang tenaga ahli berpendidikan S2.

Laboratorium ini, berfungsi membantu program studi dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan , penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kaitannya dengan fungsi pendidikan, laboratorium ini membantu program studi dalam menyelenggarakan praktikum mahasiswa yang berkaitan dengan penyuluhan pertanian, seperti mata kuliah Penyuluhan Pertanian, Media dan Metode Penyuluhan Pertanian, Perencanaan Program Penyuluhan Pertanian, dan Evaluasi Program Penyuluhan Pertanian, serta mata kuliah Teknologi Informasi Multimedia. Berkaitan dengan fungsi penelitian, laboratorium ini akan membantu program studi untuk meneliti dan mengembangkan ilmu-ilmu penyuluhan pertanian. Selanjutnya, berkaitan dengan fungsi pengabdian kepada masyarakat, laboratorium ini akan membantu dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian bagi masyarakat sekitarnya.

 

Kegiatan telah dilakukan adalah:

1. Melayani praktik mahasiswa untuk mata kuliah

  1. Penyuluhan Pertanian (acara membuat materi penyuluhan pertanian, praktek simulasi pelaksanaan penyuluhan pertanian, kunjungan ke Lembaga Penyuluhan pertanian, dll)
  2. Media dan Metode Penyuluhan Pertanian (membuat dan memproduksi sendiri barang cetakan seperti leaflet, folder, poster, lembar informasi, dan media penyuluhan lainnya Audio, visual, maupun audio visual, dll)
  3. Perencanaan Program Penyuluhan Pertanian (penyusunan perencanaan Program penyuluhan Pertanian, dll)
  4. Evauasi Program Penyuluhan Pertanian (Penyusunan intrumen dan melaksanakan evaluasi program penyuluhan Pertanian, dll)
  5. Teknologi Informasi multimedia (mengemas informasi agribisnis dalam paket audio visual, dll)

 

2. Menginventaris dan mengumpulkan media penyuluhan sebagai data base laboratorium Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

3. Melakukan kegiatan penyuluhan ke masyarakat petani sekitar


Peralatan

Laboratorium Penyuluhan dan Komuniasi Pertanian ini, baru memiliki 1 unit komputer

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 


Prosedur Manual



bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter