Lab. Lapangan Pertanian

E-mail Print PDF

Laboratorium Lapangan Fakultas Pertanian Undana sebagai kepala lab adalah:


Nama :  Ir. Elias St O. Nguru, M.Si
Pangkat/Gol : Lektor Kepala/IVb


Labboratorium memiliki luas lahan sekitar kurang lebih 3,5 Ha dengan jumlah tenaga lapngan sebanyak 2 orang ini menjalankan fungsinya sebagai media untuk proses pembelajaran bagi mahasiswa, terutama sebagai tempat praktikum dan juga sebagai tempat penelitian mahasiswa maupun dosen. Laboratorium lapangan ini juga dipergunakan sebagai tempat pembelajaran bagi siswa-siswa magang (Prakerin) dari berbagai SMK dari kab kota yang ada di NTT. Di samping memiliki fungsi sebagai yang tersebut di atas, lab lapangan ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan kewirausahaan mahasiswa, khususnya dalam kegiatan kewirausahaan dalam menghasilkan komoditas pertanian.

Fasilitas yang terdapat pada laboratorium ini adalah:

  1. Dua buah rumah pembibitan, yang dipergunakan sebagai tempat pembibitan tanaman buah maupun tanaman hias
  2. Kebun buah, kebun buah ini ditanami dengan berbagai jenis tanaman buah, baik tanaman buah semusim maupun tanaman buah setahun dan juga tanaman buah tahunan.
  3. Tiga buah Rumah kaca
  4. Satu buah rumah kompos

 

Berbagai jenis tanaman buah yang ada antara lain; tanaman buah naga, tanaman pepaya, tanaman nangka, tanaman buah kenitu, tanaman buah sukun, tanaman buah sawo, tanaman mangga, berbagai jenis tanaman pisang, tanaman sirsak, tanaman jeruk, dll.
Sedangkan tanaman hias, ada sekitar 100 jenis tanaman hias. Lab ini juga memiliki fungsi sebagai lab produksi

 

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter